Rabu, 18 Juli 2012

Solusi Keypad Blackberry tak mau berfungsi

Kerusakan pada keypad di Blackberry ada beberapa analisa yang bisa dipakai untuk melakukan repairnya. Analisanya adalah mengetahui kerusakan tersebut dikarenakan tombol keypadnya atau kerusakan karena jalur keypadnya yang bermasalah. Bisa jadi karena Software nya bermasalah atau corrupt, bisa juga dikarenakan kerusakan pada bagian Hardwarenya atau kerusakan di mesinnya.

Untuk itu langkah pertama cek terlebih dahulu apakah kerusakan karena software atau karena hardware. Analisanya jika kerusakan karena Software, ciri-cirinya adalah ketika tombol keypad ditekan program langsung hank (keypad tidak dapat berfungsi) hal tersebut bisa dikarenakan programnya corrupt atau terkena virus. Untuk merepairnya anda cukup lakukan upgrade versi OS Blackberry nya. Untuk cara upgrade OS Blackberry, anda bisa baca tentang cara upgrade OS Blackberry.

Ciri-ciri kerusakan keypad karena Hardware, diantaranya :

1. Semua tombol keypad tidak berfungsi

2. Sebagaian keypad saja yang berfungsi

3. Keypad kacau

Sebagai Contoh kerusakan keypad Blackbery Bold 9000:

1. Semua tombol keypad tidak berfungsi

Perhatikanlah Gambar Berikut:

Cek pada tombol keypad yang berwarna hitam dan merah, ukur tegangannya dengan bantuan alat Avometer, analisanya jika Blackberry keypadnya normal atau berfungsi maka semua tombol tersebut ada tegangannya.

Jika kerusakan semua tombol keypad tidak berfungsi, sedangkan saat dicek tegangan pada tombolnya ada maka kerusakan bukan pada mesinnya. Solusinya bersihkan dahulu keypad nya mungkin ada kotoran yang menempel, bisa juga anda lakukan dengan menggores tiap-tiap lingkaran keypadnya.

Selanjutnya jika saat dicek pada tombol keypadnya tidak ada tegangan, analisanya jalur keypad tersebut bermasalah.

Analisanya sebagai berikut :

Cek tegangan yang ada di R 1168 dan R 1169 di jalur KEY_IN Cek Tegangan R 1169 , R 1170 , R 1175 dan R 1178 di jalur KEY_OUT Jika ada tegangannya berarti kerusakan keypad tidak berfungsi karena putus jalur, solusinya ganti R tersebut.

Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

thank you gan

Link Banner Sobat
Sharing About SEO and Blog | Sharing SEO
djambi-koha
icLo80.com
 ahmad-adzan.blogspot.com
ads

DUNIA AHMAD FKI
HackMadxxx
trik yuwie
ayam sakit, dan cerita bodohnya
Edotz dan Catatan gak mutu
bharockisme
Bizwud Rendezvous
restana banner